Minggu, 14 Oktober 2012

Analisis Desain Kurikulum

Share
advertisment

Analisis Desain Kurikulum 
1.      TUJUAN

VISI :
Menjadi sekolah unggulan dalam prestasi, bermoral, berkarakter pada budaya bangsa dan berwawasan lingkungan berlandaskan IMTAQ dan IPTEK.

MISI :
v  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan kompetitif
v  Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
v  Membudayakan kegiatan 7 S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat dan sepenuh hati  pada seluruh warga sekolah
v  Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut sebagai landasan kearifan lokal dalam bergaul dan bertindak
v  Meningkatkan kedisiplinan kerja dan pelayanan prima kepada siswa.
v  Memberikan pelayanan pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi.
v  Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada seluruh siswa.
Mengembangkan mutu kelembagaan dan manajemen SDM serta sarana dan prasarana
TUJUAN SEKOLAH
Secara khusus sesuai dengan visi dan misi sekolah, serta tujuan SD Negeri 03 Jetis mengantarkan siswa didik untuk:
v  Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning)antara lain CTL, PAKEM, serta layanan bimbingan dan konseling.
v  Mengembangkan sikap dan perilaku religius di dalam dan di luar sekolah.
v  Menjadikan 85% siswa memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya.
v  Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri.
v  Memiliki jiwa cinta tanah air yang diinternalisasikan lewat kegiatan PASKIBRAKA dan Pramuka.
v  Memiliki jiwa toleransi antara umat beragama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
v  Memperoleh kejuaraan lomba siswa berprestasi, mata pelajaran, olympiade sains, festival kretifitas baik tingkat gugus, Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, Nasional.
v  Melestarikan budaya daerah melalui MULOK bahasa daerah dengan indicator 85% siswa

Berdasarkan tujuan dari visi dan misi sekolah SD Negeri 03 Jetis dapat disimpulkan bahwa sekolah tersebut sudah menerapkan pembelajaran yang mengedepankan kebutuhan pendidikan siswanya. Dengan pembelajaran Student Centered disini guru hanya sebagai motivator dan fasilitator. Sedangkan yang berperan aktif adalah siswa itu sendiri diharapkan dengan diterapkannya metode tersebut, siswa menjadi lebih mandiri dan dapat mengeksplore pengetahuannya dengan mengaitkan pengetahuan yang telah dimilikinya pada apa yang dialaminya.

2.      CIRI – CIRI
Dilihat dari ciri-ciri muatan kurikulum yang tercantum dalam kurikulum SD Negeri 3 Jetis, menggunakan dan berdasarkan tujuan, visi, dan misi yang sekolah tersebut berikan kepada siswanya, serta sesuai dengan hasil analisis, dan obeservasi kelompok, SD Negeri 3 Jetis menggunakan desain kurikulum humanistik. Karena dalam sekolah tersebut dilihat proses pembelajaran dengan membiasakan iklim belajar islami, serta pengembangan karakter peserta didik berbasis pada kemampuan intelektual yang harus dimiliki siswa, perilaku sebagai pembiasaan dalam kehidupan siswa. Dapat dilihat dari tujuan, visi, dan misi yang sudah dituliskan dirumusan tujuan diatas.
Di dalam visi bermaksud untuk mengembangkan prestasi, moral, sesuai karakter pada budaya bangsa dan berwawasan berlandaskan IMTAQ dan IPTEK. Sedangkan pada misi itu terdapat perkembangan pembelajaran secara efektif dan kompetitif untuk mendorong siswa mengembangkan potensi dirinya. Membudayakan kegiatan 7 S yaitu senyum, salam, sapa, sopan, santun, semangat dan sepenuh hati  pada seluruh warga sekolah.
TUJUAN SEKOLAH
Secara khusus sesuai dengan visi dan misi sekolah, serta tujuan SD Negeri 03 Jetis mengantarkan siswa didik untuk:
v  Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered learning)antara lain CTL, PAKEM, serta layanan bimbingan dan konseling.
v  Mengembangkan sikap dan perilaku religius di dalam dan di luar sekolah.
v  Menjadikan 85% siswa memiliki kesadaran terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya.
v  Mengembangkan budaya gemar membaca, rasa ingin tahu, bertoleransi, bekerja sama, saling menghargai, disiplin, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri.
v  Memiliki jiwa cinta tanah air yang diinternalisasikan lewat kegiatan PASKIBRAKA dan Pramuka.
v  Memiliki jiwa toleransi antara umat beragama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya.
Selain itu dilihat dari hubungan personal antara guru dengan siswa, dan cara guru dalam menyampaikan pembelajaran, serta kurikilum yang digunakan SD Negeri 3 Jetis adalah Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan menggunakan desain kurikulum Kompetensi. Kemudian dikaitkan dengan filsafat pendidikan menganut filsafat pendidikan progresivisme sebagai pijakan yang lebih mengarah pada proses pengembangan dan aktualisasi diri peserta didik dan lebih berorientasi pada upaya pengembangan aspek afektif.

STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
Kurikulum SD Negeri 03 Jetis
Kurikulum di SD Negeri 03 Jetis sudah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berkarakter. Dilihat dari Silabus SD Negeri 03 Jetis, yang mencantumkan karakter peserta didik yang diinginkan.
Karena sesuai dengan perkembangan kurikulum yang diberikan oleh pemerintah, sehingga SD Negeri 03 Jetis tersebut telah melaksanakan pendidikan berkarakter. Sehingga dapat membentuk karakter siswa yang diharapkan.
a.       Mata Pelajaran
-          Agama
-          PKn
-          Bahasa Indonesia
-          Matematika
-          IPA
-          IPS
-          SBK
-          penjas
b.      Muatan Lokal
-          Bahasa Jawa
-          Bahasa Inggris
-          Tehnologi Informatika (TI)
c.       Kegiatan Pengembangan Diri
-          Rebana
-          BTA
-          TIK
-          Paduan Suara

3.      KOMPONEN
Berdasarkan kurikulum yang telah dianalisis dapat dijelaskan komponen kurikulum sebagai berikut :
a.       Tujuan
Dalam perspektif pendidikan nasional, tujuan pendidikan nasional dapat dilihat secara jelas dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistrm Pendidikan Nasional, bahwa : ” Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”..
Di SD Negeri 03 Jetis mencanangkan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran dan perilaku  yang sudah sesuai dengan pendidikan nasional. Tujuan pendidikan ingin mengembangkan peserta didik kearah kognitif.
b.      Materi
Lebih memperhatikan tentang kebutuhan, minat, dan kehidupan peserta didik. Materi pembelajaran diambil dari dunia peserta didik dan oleh peserta didik itu sendiri. Berkenaan dengan penentuan materi pembelajaran dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, guru berwewenang penuh untuk menentukan materi pembelajaran, sesuai dengan Standar  Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang hendak dicapai dari setiap kegiatan pembelajaran.
c.       Strategi
Di SD Negeri 03 Jetis telah memakai pembelajaran berbasisi PAKEM, yaitu Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Oleh karena itu, dalam prakteknya seorang guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran secara variatif, menggunakan berbagai strategi yang memungkinkan siswa untuk dapat melaksanakan proses belajarnya secara aktif, kreatif dan menyenangkan, dengan efektivitas yang tinggi. Guru berperan sebagai motivator dan fasilitator di dalam kelas. Dan juga pembelajaran yang di inginkan guru adalah peserta didik dapat seaktif mungkin. Guru sebisa mungkin mengkondisikan kelas dengan baik agar proses pembelajaran yang terjadi dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
d.      Organisasi Kurikulum
Mata Pelajaran
-          Agama
-          PKn
-          Bahasa Indonesia
-          Matematika
-          IPA
-          IPS
-          SBK
-          penjas
Muatan Lokal
-          Bahasa Jawa
-          Bahasa Inggris
-          Tehnologi Informatika (TI)

e.       Evaluasi
Setiap dilakukannya pembelajaran pada setiap mata pelajaran guru memberikan evaluasi lewat penugasan. Tidak lewat penugasan saja tetapi juga lewat proses yang dapat di nilai melalui keaktifan siswa dan sikap. Sehingga data nilai yang dimiliki guru tidak hanya dari penugasan saja, tetapi juga melalui keaktifan dan sikap siswa yang mencakup ketiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Selain itu juga, guru mempunyai catatan untuk setiap peserta didik di dalam kelas.

4.      KELEBIHAN
Kelebihan Kurikulum KTSP berkarakter yang menggunakan desain model pengembangan kurikulum humanistik memiliki kelebihan :
Dapat menjadi subjek yang menjadikan pusat kegiatan pendidikan, dan mempunyai kemampuan, potensi dan kekuatan untuk berkembang. Oleh karena itu, tugas pendidik hanya menciptakan situasi yang permisif dan mendorong peserta didik untuk mencari dan mengembangkan pemecahan sendiri.
Karakteristik kurikulum model humanistik menyediakan pengalaman yang berharga bagi peserta didik dan membantu kelancaran perkembangan pribadi peserta didik. Hal tersebut menyebabkan siswa berkembang dinamis searah dengan pertumbuhannya, mempunyai integritas dan otonomi kepribadian, dan sikap yang sehat terhadap diri sendiri. Jadi, kurikulum model humanistik menjadikan manusia sebagai unsur sentral untuk menciptakan unsur kreativitas, spontanitas, kemandirian, kebebasan, aktivitas, pertumbuhan diri, termasuk keutuhan anak sebagai keseluruhan, minat, dan motivasi intrinsik.

5.      KEKURANGAN
v  Materi tidak dapat sepenuhnya disampaikan secara detail, sehingga tidak tercover dengan baik. Karena berbagai aspek yang dikembangkan dalam kurikulum humanistik, selain aspek kognitif juga aspek afektif yang mempunyai porsi yang sama.
v  Waktu semakin berkurang karena dalam pembelajaran bukan hanya penyampaian materi, tetapi juga menanamkan nilai-nilai pengembangan sikap, dan karakter serta pembinaan kepada siswa.
v  Tidak mematok target keberhasilan tujuan pendidikan yang telah ditetapkam sebelumnya oleh sekolah tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!