Selasa, 27 Maret 2012

Sumpah Pemuda

Share
advertisment

Sumpah Pemuda

 Merupakan peristiwa yang sangat bersejarah. Peristiwa itu sangat penting artinya bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia. Sumpah Pemuda mendorong para pemuda Indonesia untuk bersatu melawan penjajah. Para pemuda itu sepakat untuk mengadakan pertemuan. Pertemuan itu disebut dengan Kongres Pemuda.

Lahirnya sumpah pemuda berawal dari dilaksanakan kongres pemuda pada tanggal 27-28 Oktober 1928, di Jakarta. Sebelum tahun 1928, para pemuda pernah mengadakan kongres. Kongres tersebut dilaksanakan pada tahun 1924. Kongres ini dinamakan Kongres Pemuda I.

Dengan demikian, kongres pemuda tahun 1928 disebut Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda II diprakarsai oleh Perhimpunan Pelajarpelajar Indonesia (PPPI). Tepatnya diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Pada Kongres Pemuda II inilah dicetuskan Sumpah Pemuda.


A. Isi Sumpah Pemuda


Sumpah artinya ikrar, sumpah pemuda artinya ikrar pemuda. Sumpah pemuda dilaksanakan pada pergerakan nasional. Tepatnya pada tanggal 28 oktober 1928. Mereka berikrar untuk bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu yakni indonesia.

Sebelum ikrar Sumpah Pemuda dibacakan, lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Lagu Indonesia Raya diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Lagu tersebut disambut meriah oleh peserta kongres. Saat itulah pertama kali lagu Indonesia Raya dinyanyikan. 

Isi Sumpah Pemuda meliputi tiga butir penting. Secara lengkap, bunyi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut.

Texs Sumpah Pemuda
Wage Rudolf Supratman























makna dari isi sumpah pemuda di atas adalah

Satu tumpah darah

Tumpah darah adalah sebutan lain untuk tanah kelahiran. Ikrar satu tumpah darah menggambarkan indonesia adalah satu negara yang untuh, walaupun terpisah – pisah berbagai pulau. Walaupun terpisah lautan tetapi tidak di anggap sebagai pemisah, tapi dianggap sebagai pemersatu. Maksud dari satu tumpah darah adalah satu tanah air indonesia.

Satu bangsa

Bangsa adalah sekumpulan masyarakat yang hidup di suatu wilayah, dah mereka berada di bawah satu pemerintahan. Pada saat belum terbentuknya sumpah pemuda.indonesia ingin membentuk bangsa sendiri – sendiri. Ada bangsa jawa,bangsa sunda, bangsa aceh, bangsa sualwesi, bangsa maluku, dan sebagainya.dengan ikrar satu bangsa maka tidak ada perbedaan antara bangsa satu dengan yang lain dan menjadi satu bangsa indonesia

Satu bahasa

Indonesia memiliki banyak bahasa daerah yang sering di sebut bahasa daerah atau logat daerah. Di setiap suku memiliki bahasa sendiri – sendiri. Dengan terbentuknya sumpah pemuda ditetapkan bahas apersatuan bahasa indonesia, yang tidak di ambil dari salah satu suku ataupun bahasa daerah yang ada di indonesia.

B. Tokoh Sumpah Pemuda

Moehammad Yamin



Prof. Moehammad Yamin, SH lahir di Sawahlunto, 24 Agustus 1903. Dalam Kongres Pemuda II, beliau mewakili pemuda Sumatra. Beliau adalah seorang sastrawan. Beliau lebih dikenal sebagai penulis puisi. Setelah Indonesia merdeka, beliau menempati jabatan penting. Beliau wafat di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1962. Beliau di makamkan di tanah kelahirannya, Sawahlunto, Sumatra Barat

*        Gambar 1.2 Sampul buku
Moehammad Yamin dan
Cita-cita Persatuan.



Soenario


Prof. Mr. Soenario lahir di Madiun, 28 Agustus 1902. Beliau termasuk pemuda terpelajar. Beliau belajar di Belanda dengan biaya sendiri. Sepulangnya ke Indonesia, beliau memperjuangkan kemerdekaan.
Dalam Kongres Pemuda II, beliau mewakili Jong Java. Dalam kongres tersebut, beliau berpidato tentang persatuan pemuda.

*        Gambar 1.3 Prof. Soenario



Mr. Amir Syarifuddin\

Mr. Amir Syarifuddin lahir pada tanggal 27 April 1907 di Medan, Sumatera Utara. Beliau berasal dari keluarga Batak. Beliau salah satu tokoh pergerakan pemuda Indonesia. Pada Kongres Pemuda II, Mr Amir Syarifuddin mewakili Jong Batak.

*        Gambar 1.4 Amir Syarifuddin



0 komentar:

Poskan Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!