Rabu, 28 Maret 2012

Perkembangbiakan Pada Hewan

Share
advertisment
Perkembangbiakan pada Hewan
Perkembangbiakansecara Kawin(Generatif) Perkembangbiakan secara kawin terjadi karena adanyapembuahan sel telur oleh sel sperma. Sel spermadihasilkan hewan jantan.Adapunsel telur dihasilkan hewan betina.
Berdasarkancaranya, pembuahan pada hewan dibedakan menjadi dua.Pertama, pembuahan di luar tubuh.Kedua,pembuahan di dalam tubuh.
Pembuahan di Luar Tubuh (FertilisasiEksternal) Pembuahan di luar tubuh terjadikarena penggabungan sel telur dan sperma terjadi di luar tubuh induknya. Contohnya, pada ikan dan katak,
Pembuahandi dalam Tubuh ( Fertilisasi Internal) Pembuahan di dalam tubuh artinyapenggabungan sel telur dan sel sperma terjadi di dalam tubuh induknya.Pembuahandi dalam tubuh terutama terjadi pada kelompok reptilia (hewan melata), unggas,dan mamalia (hewan menyusui).

1. Perkembangbiakan secara kawin padahewan dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai beriku:
  • Hewan yang Berkembang Biak dengan Bertelur (Ovipar) Pada hewan bertelur, pertumbuhan dan perkembanganembrio terjadi di luar tubuh induknya.Embrioitu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang.Embrio di dalam telurini dilengkapi dengan kuning telur (yolk).Kuning telur digunakansebagai cadangan makanan untuk perkembangan embrio. Jika embrio telah tumbuh sempurna, telur akan menetas dan keluarlah individu baru. Hewan yang berkembang biak secara bertelur disebut ovipar. Ayam dan burungmerupakan contoh hewan bertelur.Contoh hewan reptil yang bertelur ialah penyu.
  • Hewan yang Berkembang Biak dengan Melahirkan (Vivipar)
  • Hewan yang Berkembang Biak dengan Bertelur (Ovovivipar)Selain hewan ovipar dan vivipar, ada juga hewan yang dapat bertelur-melahirkan.Hewan demikian disebut dengan ovovivipar.
2. Perkembangbiakan secara tidak kawin: Perkembangbiakan secara tidak kawinhanya terjadi pada hewan-hewan tingkat rendah. Perkembangbiakan secara tidakkawin dapat dilakukan dengan beberapa cara. Antara lain dengan membentuk tunasdan fragmentasi.
· Tunas Perkembangbiakandengan cara pembentukan tunas antara lain terjadi pada Hydra.
· FragmentasiFragmentasiadalah perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri. Contohhewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah planaria, Cacing planaria merupakan cacing pipih

1 komentar :

  • oqif says:
    Agustus 28, 2012 3:25 AM

    Nice Blog, thanks !
    kunjungan balik ya ! ke SituSains

Posting Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *