Rabu, 28 Maret 2012

Perkembangbiakan Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan Pada Tumbuhan

Perkembangbiakansecara Kawin (Generatif), Alat perkembangbiakan secara kawin (generatif) padatumbuhan adalah bunga.Bagian-bagian bunga terdiri atas tangkai bunga, dasarbunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.Benang sarimerupakan alat kelamin jantan.Adapun alat kelamin betina adalah putik.Di dalambenang sari terdapat serbuk sari.Serbuk sari merupakan sel kelamin jantan.Tidaksemua tumbuhan memiliki benang saridan putik dalam satu bunga.Tumbuhan yangmemiliki benang sari dan putik dalam satu bunga disebut bunga sempurna.
Perkembangbiakansecara kawin pada tumbuhan dimulai dengan penyerbukan.Penyerbukan adalahbertemunya serbuk sari dan kepala putik.Serbuk sari tadi masuk melalui tangkaiputik menuju bakal buah.Di dalam bakal buah ada bakal biji.Bakal biji berisi sel kelamin betina (sel telur).Setelah sel kelamin jantan dan betina bertemu maka terjadilah pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, akan tumbuh buah dan biji. Biji yang dihasilkan nanti merupakan cikal bakal dari tumbuhan baru. Penyerbukan dapat'terjadi melalui bantuan angin, hewan, air,dan manusia.
v Penyerbukan yang dibantu anginumumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
· Serbuk sarinya banyak dan ringan.
· Bunga dengan kepala sarinya mudah digoyang.
· Kepala putik berbulu dan terentang keluar dari bunga.
Contoh bunga yang penyerbukannya dibantu angin adalah jagungdan rumput-rumputan.
v Penyerbukan yang dibantu hewanumumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
· Mahkota berwarna mencolok dan besar.
· Bunga mengeluarkan bau yang khas.
· Bunga menghasilkan nektar.
Contoh bunga yang penyerbukannya dibantu hewan adalah bungaaster.
v Penyerbukan dilakukan manusia karenaserbuk sari sulit untuk mencapai kepala putik. Contoh, penyerbukan, yangdilakukan petani, pada tumbuhan vanili.
v Penyerbukan yang dibantu oleh airyaitu jatuhnya serbu sari ke kepala putik dibantu dengan air.Contohnya padaHidrila.
Berdasarkan asal serbuk sari yangjatuh dikepala putik penyerbukan dibedakan menjadi 4 yaitu:
v Penyerbukan sendiri
v Penyerbukan tetangga
v Penyerbukan silang
v Penyerbukan bastar
Ternyata,banyak tumbuhan yang dapat berkembang biak tanpa melalui perkawinan. Contohnya,bawang merah, kentang, dan singkong. Tumbuhan tersebut dapat dihasilkan tanpamelalui proses
perkawinan. Perkembangbiakan yang terjadi tanpa proses perkawinan disebutperkembangbiakan secara vegetatif. Perkembangbiakan secaravegetatif dapat terjadi melalui dua cara yaitu :

Vegetatif alami yaitu perkembangbiakanvegetatifnyaterjadi tanpa campur tangan manusia. Perkembangbiakan vegetatifalami dapat terjadi melalui umbi lapis, umbi batang, tunas, rizoma, geragih,dan spora.
a. Umbi lapis
P. Umbi Lapis
Bawang merah memiliki bentuk berlapis-lapis.Umbi yang berlapis-lapis itu di bagian bawahnya tumbuh akar. Jika umbi ini ditanam, akan tumbuh tunas dan kemudian tumbuh menjadi tumbuhan baru. Selain itu Bentuk bawang bombay dan bawang putih sama dengan bawang merah. Tumbuhan tersebut merupakan umbi yang berlapis-lapis.Di tengah umbi yang berlapis-lapis tumbuh tunas.
Bagian yang berlapis-lapis adalah daun dengan satu atau dua kuncup ketiak.Pada bagian bawah batang, tumbuh akar serabut. Jika umbi tersebut ditanam, akan tumbuh tumbuhan baru.
b. Umbi Batang
P. Umbi Batang
Bagian batang tersebut berisi cadangan makanan.Batang tersebut menjadi besar dan berisi.Sebagi contohnya kita lihat kentang, permukaan umbi, terdapat mata tunas.Mata tunas akan jelas terlihat jika kentang tua yang disimpan beberapa hari di tempat lembap. 
Tumbuhan kentang baru akan tumbuh jika kita menanam umbi kentang tersebut. Tumbuhan tersebut tumbuh dari mata tunas yang terdapat pada umbi.

c. Tunas
P. Tunas

Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas contohnya adalah pisang dan bambu. Tunas ini tumbuh dari bagian bawah tanah dan muncul di samping tumbuhan induk. Akan tetapi, ada pulatunas yang muncul di bagian tumbuhan, seperti tunas yang muncul dan tumbuh di daun. Tunas itu disebut tunas adventif. Contoh tumbuhan yang memiliki tunas adventif adalah cocor bebek.




d. Rizoma
P. Rizoma

Jahe dan rumput akan tumbuh bersatu dengan tumbuhan induknya. Cabutlah tumbuhan tersebut dari dalam tanah.Bagian yang menghubungkan
tumbuhan satu dengan lainnya disebut rizoma.Rizoma yang menghubungkan tumbuhan tersebut bukanlah akar sebenarnya.
Rizoma merupakan batang yang tumbuh mendatar di dalam tanah. Contoh tumbuhan lain yang berkembang biak dengan rizoma adalah lengkuas, kunyit, dan kencur.

e. Geragih (Stolon)
P. Geragih

Geragih adalah batang yang merambat di atas tanah.Geragih disebut juga dengan stolon.Geragih tersusunatas ruas-ruas. Setiap ruas yang menempel pada tanahakan membentuk akar dan tumbuh tunas baru. Contoh tumbuhan yang memiliki geragih adalah stroberi.

f. Spora
Spora adalah satu atau beberapa sel (bisa haploid ataupun diploid) yang terbungkus oleh lapisan pelindung.
P. Spora
Contohnya : Paku suplir

Vegetatif buatan yaitu perkembangbiakanvegetatifyang terjadi dengan campur tangan manusia. Perkembangbiakan VegetatifBuatan Manusia dapat melakukan perkembangbiakan pada tumbuhan. Tujuannya adalah untuk memperoleh tumbuhan baru dengan cepat dantidak bergantung pada musim. Selain itu, dapat diperoleh tumbuhan baru yangsifatnya sama dengan induknya. Perkembangbiakan secara vegetatif buatan, antara lain dapat dilakukan melalui setek, cangkok, sambung (enten), tempel(okulasi), runduk, dan kultur jaringan.

a. Setek
Setek adalah perkembangbiakan dengan cara menanam potongan/bagian daritumbuhan. Bagian tumbuhan yang dapat ditanam dapat berupa batang, tangkai, atau
daun. Tidak semua tumbuhan dapat disetek. Beberapa contoh tumbuhan yang dapatdisetek adalah singkong, mawar, dan tumbuhan lidah mertua.


b. Mencangkok
Tujuan mencangkok adalah mendapatkanindividu baru yang memiliki sifat sama persis dengan induknya. Selain itu,mencangkok dilakukan agar tumbuhan cepat berbuah.Mencangkok harus dilakukansecara teliti.Jenis tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tumbuhanberkayu.Contohnya adalah mangga, jambu, dan jeruk.
Mencangkok sangat mudahdilakukan.cara-cara mencangkok sebagai berikut :

  • pilih tangkai atau dahan yang cocok untuk dicangkok. Tangkaiatau dahan yang cocok untuk dicangkok adalah yang cukup tua, dapat dilihat dariukuran dan warna kulitnya. kupas kulit dan kambiumnya.
  • Tutupbagian yang dikupas dengan tanah yang dibungkus plastik atau sabut kelapa.Jagalah tanah pada bagian yang dicangkok agar tetap lembap.
  • Setelah tumbuh akar pada cangkokan, potong dan tanam tangkaitersebut.
c. Tempel (Okulasi)
Menempel atau okulasi adalahmenggabungkan mata tunas suatu tumbuhan pada batang tumbuhan lain.Tumbuhan yangakan ditempeli harus yang kuat. Tempel (okulasi) bertujuan menggabungkan duatumbuhan berbeda sifatnya. Nantinya, akan dihasilkantumbuhan yang memiliki duajenis buah atau bungayang berbeda sifat. Contohnya, okulasi pada bunga mawarakan menghasilkan dua warna atau lebih yang berbeda. Tumbuhan tersebut akanterlihat lebih indah karena bunganya berwarna-warni. cara- cara tempel yaitusebagai berikut :
· Iris kulit batang yang akan ditempeli.
· Iris kulit batang yang memiliki tunas sebesar irisan batang yang akan ditempeli.
· Irisan yang memiliki tunas ditempel pada batang yang akan ditempeli.
· Potonglah bagian atas batang jika tunas telah muncul.

d.Runduk
Merunduk merupakan proses menimbunbatang tumbuhan ke dalam tanah. Pada batang yang ditimbun tersebut diharapkantumbuh akar.Tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan merunduk di antaranyaarbei, apel, tebu, stroberi, dan melati. Cara-cara merundukkan tumbuhan adalahsebagai berikut:
· Batang tumbuhan yang akan dikembangbiakkan dirundukkan.'
· Timbun atau benamkan batang tumbuhan tersebut ke dalamtanah.
· Jika pada batang yang dirundukkan telah tumbuh akar, potong batang yang dirundukkan tersebut.

e.Kultur jaringan
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kemudianditemukan teknik baru perkembangbiakan tumbuhan. Teknik yang dimaksud adalahkultur jaringan. Teknik kultur jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan denganmenanam jaringan tumbuhan di tempat dan media yang khusus. Dengan kulturjaringan kamu dapat menghasilkan tumbuhan hanya dari suatu bagian akar ataubagian lainnya.contohnya dapat dilihat pada wortel.

0 komentar:

Posting Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!