Sabtu, 07 Januari 2012

Praktikum Sifat Benda Dapat Terapung

Share
advertisment

A.    Judul Praktikum
Benda dapat Terapung, Melayang, dan Tenggelam dalam Air
B.     Tujuan Praktikum
Melalui percobaan siswa dapat menyimpulkan bahwa benda padat bila dimasukkan ke dalam air benda itu akan terapung, mealyang, atau tenggelam.


C.    Alat dan Bahan
  1.               Gelas Aqua bekas
  2.        Plastisin
  3.        Garam
  4.              Air
  5.       Sendok

 Dapatkan File yang lengkap cukup dengan download disini, dilengkapi dengan gambar langkah-langkah praktikum.



D.    Cara Kerja
Langkah 1
Air dimasukan ke dalam 2 buah gelas aqua bekas. Kemudian masukan garam pada kedua gelas aqua tersebut kurang lebih 5 sendok makan, lalu aduk hingga larut.

Langkah 2
Bentuklah plastisin yang sudah disiapkan sebelunya menjari dua bentuk yang berbeda, yaitu berbentuk bola dan berbentuk perahu.
          
Langkah 3
Masukan kedua plastisin yang sudah di bentuk tersebut ke dalam 2 buah gelas aqua yang sudah berisi air garam yang sudah disiapkan sebelumnya.
Amati apa yang terjadi pada masing-masing percobaan

E.     Hasil pengamatan dan pembahasan
1.      Hasil Pengamatan
Dari percobaan yang telah dilakukan maka didapatkan hasil kesimpulan. Dimana hasil pengamatan tersebut sebagai berikut :
a.       Plastisin yang di bentuk bola apabila dimasukkan ke dalam air yang mempunyai kadar garam yang tinggi maka akan tenggelam.
b.      Plastisin yang di bentuk perahu apabila dimasukkan ke dalam air yang mempunyai kadar garam yang tinggi maka akan terapung.
2.      Pembahasan
Setiap benda memiliki kerapatan tertentu (dalam fisikabiasa kita sebut dengan massa jenis), yaitu perbandingan antara massa dengan volume benda tersebut. Massa Jenis 2 benda dengan volume yang sama, akan memiliki berat yang berbeda, sehingga kalau kita bandingkan massa dengan volumenya akan menghasilkan nilai massa jenis yang berbeda. Artinya semakin kecil massa benda (semakin ringan), dan semakin besar volume benda tersebut, maka semakin kecil-lah massa jenisnya. Ketika benda dicelupkan ke dalam cair (dimana zat cair juga memiliki massa jenis tertentu), maka benda tersebut akan memperoleh gaya tekan ke atas dari zat cair, sehingga berat di air akan lebih ringan. Benda yang memiliki volume semakin besar, maka akan memperoleh gaya tekan ke atas semakin besar, sehingga kemungkinan benda akan mudah terangkat oleh zat cair. Jadi ketika memperbesar angka volume bendanya tentunya akan memperkecil nilai massa jenisnya.  

Berat jenis adalah berat benda (w) tiap satuan volume (V). atau dapat dikatakan berat jenis benda adalah hasil kali antara massa jenis dengan percepatan gravitasi.
Hukum Archimedes menyatakan sebagai berikut, Sebuah benda yang tercelup sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkannya.
Berdasarkan  konsep Archimedes kita dapatkan tiga buah keadaan benda dalam zat cair:
1.      Benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan.
2.      Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama.
3.      Benda akan tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan

F.     Kesimpulan
Dari percobaan yang telah dilakukan maka di dapatkan sebuah kesimpulan. Dimana kesimpulan tersebut yaitu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas yang besarnya sama dengan berat zat cair yang dipindahkannya.

Dapatkan File yang lengkap cukup dengan download disini, dilengkapi dengan gambar langkah-langkah praktikum.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *