Rabu, 30 November 2011

Pemngelompokan Mamalia

Share
advertisment


PEMNGELOMPOKAN MAMALIA


Mammalia dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu  :
  1. mammalia bertelur (prototheria) : contohnya adalah platipus (Ornithorhynchus anatinus) dan echidna.
  2. mammalia berkantung (metatheria) : contohnya adalah kanguru (Macropus sp.), koala (Phascolarctos cinereus), dan opposum (Pucadelphys andinus).
  3. mammalia berplasenta (eutheria) : terdiri atas ordo-ordo :                                                                                                       
  • Ordo Insectivora adalah kelompok mammalia pemakan serangga. Contoh :tikus mondok dan landak
  • Ordo Chiroptera adalah kelompok Mammalia yang memiliki selaput kulit membentang dari kaki depan, badan, dan kaki belakang.  Contoh : kelelawar vampir menghisap darah mammalia lain
  • Ordo Lagomorpha mencakup mammalia yang memiliki gigi seri seperti pahat Contoh : kelinci. 
  • Ordo Perissodactyla mencakup mammalia berkuku pada jari yang berjumlah ganjil pada kakinya. Contoh : hewan ini adalah kuda (Equus caballus) yang berkuku satu, tapir (Tapirus indicus) dan badak sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) yang berkuku tiga.
  • Ordo Artiodactyla mencakup mammalia berkuku pada jari yang berjumlah genap masing-masing kakinya.Hewan ini juga herbivora. Contohnya adalah kambing, domba (Ovis aries), babi (Sus sp.), rusa sambar (Cervus unicolor), dan jerapah (Giraffa camelopardalis).
  • Ordo Sirenia adalah mammalia herbivora akuatik yang memiliki tungkai depan mirip sirip.Kelompok mammalia ini tidak memiliki kaki belakang.Ekor besar dan pipih horizontal yang juga berperan seperti dayung untuk berenang.Sirenia merupakan mammalia bertubuh besar tidak berambut. Contoh : adalah duyung atau dugong (Dugong dugong).
  • Ordo Proboscidea memiliki tubuh besar berotot serta belalai berotot  Contoh : gajah sumatera (Elephas maximus).
  • Ordo Cetacea hidup di laut dengan tubuh berbentuk ikan, kaki depan mirip dayung dan tidak ada kaki belakang.Tubuhnya tidak berambut dan memiliki lapisan tebal lemak sebagai insulasi.                                                     Contoh : Lumba-lumba hidung botol (Tursiops aduncus), paus biru (Balaenoptera musculus), dan paus pembunuh (Orcinus orca) adalah mammalia yang termasuk Cetacea.
  • Ordo Cornivora adalah kelompok mammalia yang memiliki dan kuku yang tajam dan runcing untuk menangkap dan memakan mangsanya.                                                      Contoh : Kucing (Felis silvestris), harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), singa (Panthera leo) dan anjing laut (Caniformia pinniped).
  • Ordo Rodentia memiliki gigi seri seperti pahat.                                                                                Contoh rodentia adalah tupai, berang-berang, tikus,landak, dan mencit.
  • Ordo Primata memiliki ibu jari yang dapat disentuhkan ke jari lain, mata menghadap ke depan, korteks serebal berkembang baik. Contoh : beruk (Macaca sp.), orang utan (Pongo pygmaeus), dan lutung jawa (Trachypithecus auratus).Manuasi (Homo sapiens) digolongkan dalam primata.

0 komentar :

Posting Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *