Jumat, 25 November 2011

Hakikat Manusia

Share
advertisment
HAKIKAT MANUSIA
Manusia adalah mahluk paling sempurna yang pernahdiciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia merupakansuatu konsekuensi fungsi dan tugas mereka sebagai khalifah dimuka bumi ini.
Beberapa Definisi Manusia
Manusia adalah kemauan bebas. Inilahkekuatannya yg luar biasa dan tidak dapat dijelaskan : kemauan dalam arti bahwakemanusiaan telah masuk ke dalam rantai kausalitas sebagai sumber utama ygbebas – kepadanya dunia alam –world of nature–, sejarah dan masyarakatsepenuhnya bergantung, serta terus menerus melakukan campur tangan pada danbertindak atas rangkaian deterministis.

Manusia adalah makhluk yg sadar. Ini adalahkualitasnya yg paling menonjol; Kesadaran dalam arti bahwa melalui dayarefleksi yg menakjubkan, ia memahami aktualitas dunia eksternal, menyingkaprahasia yg tersembunyi dari pengamatan, dan mampu menganalisa masing-masingrealita dan peristiwa. Ia tidak tetap tinggal pada permukaan serba-indera danakibat saja, tetapi mengamati apa yg ada di luar penginderaan dan menyimpulkanpenyebab dari akibat. Dengan demikian ia melewati batas penginderaannya danmemperpanjang ikatan waktunya sampai ke masa lampau dan masa mendatang, kedalam waktu yg tidak dihadirinya secara objektif. Ia mendapat pegangan ygbenar, luas dan dalam atas lingkungannya sendiri. Kesadaran adalah suatu zat yglebih mulia daripada eksistensi.
Manusia adalah makhluk yg sadar diri. Iniberarti bahwa ia adalah satu-satuna makhluk hidup yg mempunyai pengetahuan ataskehadirannya sendiri ; ia mampu mempelajari, manganalisis, mengetahui danmenilai dirinya.
4. Manusia adalah makhluk idealis, pemuja ygideal. Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yg ada, tetapiberjuang untuk mengubahnya menjadi apa yg seharusnya. Idealisme adalah faktorutama dalam pergerakan dan evolusi manusia. Idealisme tidak memberikan kesempatanuntuk puas di dalam pagar-pagar kokoh realita yg ada. Kekuatan inilah yg selalumemaksa manusia untuk merenung, menemukan, menyelidiki, mewujudkan, membuat danmencipta dalam alam jasmaniah dan ruhaniah.
5. Manusia adalah makhluk moral. Disinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai. Nilai terdiri dari ikatan ygada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatumotif yg lebih tinggi daripada motif manfaat timbul. Ikatan ini mungkin dapatdisebut ikatan suci, karena ia dihormati dan dipuja begitu rupa sehingga orangmerasa rela untuk membaktikan atau mengorbankan kehidupan mereka demi ikatanini.
6. Manusia adalah makhluk utama dalam duniaalami, mempunyai esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atausebagai suatu gejala yg bersifat istimewa dan mulia. Ia memiliki kemauan, ikutcampur dalam alam yg independen, memiliki kekuatan untuk memilih dan mempunyaiandil dalam menciptakan gaya hidup melawan kehidupan alami. Kekuatan inimemberinya suatu keterlibatan dan tanggung jawab yg tidak akan punya arti kalautidak dinyatakan dengan mengacu pada sistem nilai.
Manusia adalah makhluk hidup. Di dalam diri manusia terdapatapa-apa yang terdapat di dalam makhluk hidup lainnya yang bersifat khusus. Diaberkembang, bertambah besar, makan, istirahat, melahirkan dan berkembang biak,menjaga dan dapat membela dirinya, merasakan kekurangan dan membutuhkan yanglain sehingga berupaya untuk memenuhinya. Dia memiliki rasa kasih sayang dancinta.

Hubunganmanusia dengan makhluk lain:
Manusiapada hakekatnya sama saja dengan mahluk hidup lainnya, yaitu memiliki hasratdan tujuan. Ia berjuang untuk meraih tujuannya dengan didukung oleh pengetahuandan kesadaran. Perbedaan diantara keduanya terletak pada dimensi pengetahuan,kesadaran dan keunggulan yang dimiliki manusia dibanding dengan mahluk lain.
Manusiasebagai salah satu mahluk yang hidup di muka bumi merupakan mahluk yangmemiliki karakter paling unik. Manusia secara fisik tidak begitu berbeda denganbinatang, sehingga para pemikir menyamakan dengan binatang. Letak perbedaanyang paling utama antara manusia dengan makhluk lainnya adalah dalamkemampuannya melahirkan kebudayaan. Kebudayaan hanya manusia saja yangmemlikinya, sedangkan binatang hanya memiliki kebiasaan-kebiasaan yang bersifatinstinctif.
Dibanding dengan makhluk lainnya, manusia mempunyaikelebihan. kelebihan itu membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Kelebihanmanusia adalah kemampuan untuk bergerak dalam ruang yang bagaimanapun, baik didarat, di laut, maupun di udara. Sedangkan binatang hanya mampu bergerak diruang yang terbatas. Walaupun ada binatang yang bergerak di darat dan di laut,namun tetap saja mempunyai keterbatasan dan tidak bisa melampaui manusia.
Diantara karakteristik manusiaadalah :
1. Aspek Kreasi
2. Aspek Ilmu
3. Aspek Kehendak
4. Pengarahan Akhlak

Manusia sebagai individupada hakikatnya memiliki empat kualifikasi, yaitu sebagai insan Tuhan, insankejiwaan, insan sosial, dan insan politik.
a. Sebagai insan Tuhanmanusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang secara kodrati potensial dan telahditentukan nasib dan takdir hidup maupun matinya. Namun, Tuhan punmemerintahkan agar manusia selalu berupaya dan pantang menyerah, dan selalumenjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.
b. Sebagai insan kejiwaan manusiamenurut Sigmund Freud terdiri atas tiga bagian, yaitu (a) Id adalah pusat nafsudan dorongan yang bersifat naluriah dan tidak sosial, rakus dan antisosial; (b)Superego adalah kompleks dari cita-cita dan nilai-nilai sosial yang dihayatiseseorang dan membentuk hati nurani; (c) Ego adalah bagian yang bersifat sadardan rasional yang mengatur pengendalian Superego terhadap Id.
c. Sebagai insan sosialmanusia memiliki kecenderungan hidup berkelompok. Konsekuensinya bahwa manusiamemiliki (a) status dan peran serta tugas dan tanggung jawab; (b) hidup dalamsejumlah sistem, yaitu dalam sistem personal, sistem organik, sistem nilai,sistem budaya, dan sistem sosial.
d. Manusia sebagai insanpolitik merupakan peserta aktif (subjek) negara sekaligus abdi (objek) negara.

2.2 Hakekat Tempat
Tempatmerupakan suatu ruang di permukaan bumi yang memiliki karakteristik fisik danmanusia yang menempatinya. Di samping memiliki fungsi dan nilai bagi manusiatempat juga dapat mempengaruhi perbedaan kehidupan sosial, ekonomi, dan budayamanusia itu sendiri.
1. Masyarakat yang tinggaldi daerah pantai berwatak keras jika dibandingkan dengan orang yang hidup didaerah pegunungan yang berwatak lebih lembut.
2. Kegiatan ekonomimasyarakat daerah pantai terkait dengan sumber kehidupan mereka yakni lautsehingga mereka umumnya hidup sebagai nelayan atau bergerak dalam bidangindustri perikanan dan pariwisata. Di lain pihak, masyarakat yang hidup didaerah pegunungan umumnya hidup bercocok tanam, misalnya berhuma, berkebun,mengusahakan hasil hutan karena sumber penghidupan mereka adalah lahanpertanian yang subur dan hutan yang lebat.
3. Terkait dengan upayamemenuhi kebutuhan hidupnya maka masyarakat yang hidup di daerah pantai didalam mengembangkan kebudayaannya pun bernuansa budaya pesisir. Misalnya,mereka pandai membuat perahu, berani mengarungi lautan lepas, pandai menangkapikan. Berbeda dengan kebudayaan masyarakat yang hidup di daerah pegunungan,yang memperlihatkan nuansa budaya pertanian, misalnya mereka pandai bercocoktanam, terampil memanjat pohon besar, pandai membuat alat-alat pertanian.Konsep tempat dinamakan juga region atau wilayah. Pengertian wilayah dalamgeografi ada dua, yaitu wilayah formal dan wilayah fungsional.
Fungsi tempat bagimanusia
Tempatberfungsi sebagai ruang hidup. Ruang dalam hal ini dapat ditafsirkan menuruttiga pendekatan, yaitu (1) menurut pendekatan ekologis, ruang sebagai daerahyang berisi sumber daya alam, (2) menurut pendekatan spatial, ruang sebagaispace, yakni ajang kegiatan manusia, dan (3) menurut pendekatan regional,sebagai region, yakni daerah atau kesatuan politis.

2.3 Hakikat Lingkungan
Pengertian lingkungandari beberapa ahli, antara lain:
1) St.Munajat Danusaputra: Lingkungan adalah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia danaktivitasnya, yang terdapat dalam ruang di mana manusia berada dan mempengaruhikelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.(Darsono, 1995)
2) Emil Salim : Lingkungan hidup adalah segalabenda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kitatempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia
3) Otto Soemarwoto mengemukakan bahwa dalam bahasaInggris istilah lingkungan adalah environment. Selanjutnya dikatakan,lingkungan atau lingkungan hidup merupakan segala sesuatu yang ada pada setiapmakhluk hidup atau organisme dan berpengaruh pada kehidupannya. Contoh, padahewan seperti kucing, segala sesuatu di sekeliling kucing dan berpengaruh padakeberlangsungan hidup kucing tersebut maka itulah lingkungan hidupnya. Demikianpula pada suatu jenis tumbuhan tertentu, misalnya pohon mangga atau padi disawah, segala sesuatu yang mempengaruhi pertumbuhan atau kehidupan tanamantersebut itulah ling kungan hidupnya.

Dapat disimpulkan bahwa lingkunganadalah segala sesuatu (benda, keadaan, situasi) yang ada di sekeliling makhlukhidup dan berpengaruh terhadap kehidupan (sifat, pertumbuhan, persebaran)makhluk hidup yang bersangkutan. Ciri lingkungan yangbaik adalah yang memberi daya dukung optimum, ialah kepadatan penduduknyarendah, terdapat keseimbangan antara jumlah penduduk dan bahan makanan.





Jenis-jenisLingkungan Hidup
  1. Lingkungan Hidup Alami
Lingkungan hidup alami merupakan lingkungan bentukan alamyang terdiri atas berbagai sumber alam dan ekosistem dengankomponen-komponennya, baik fisik, biologis. Lingkungan hidup alami bersifatdinamis karena memiliki tingkat heterogenitas organisme yang sangat tinggi.
Lingkungan alam di sekitar rumah dan sekolah
Banyak manfaat yang dapat diambil oleh manusia dari lingkungan alam. Contohnyadanau, sungai, gunung, pantai dan sebagainya.
· DanauAdalah genangan air yang terlertak pada cekungan tanah daratan. Air danau tidakmengalir seperti sungai. Contoh danau di Indonesia adalah danau toba.
· SungaiAdalah aliran air yang berbelok-belok. Arah aliran sungai mengalir dari tempatyang tinggi ke tempat yang lebih rendah
· Gunungdan Pegunungan Gunung adalah bagian tanah yang menjulang tinggi berbentukkerucut. Gunung ada dua macam yaitu gunung yang masih aktif (berapi) dan gunungyang sudah tidak aktif.Pegunungan adalah rangkaian gunung yang berjajar. Hawadi kedua daerah ini sangat segar dan sejuk.
· PantaiAdalah daerah tepi laut yang masih digenangi air laut. Pantai banyakdimanfaatkan sebagai objek wisata.

2. LingkunganHidup Binaan/Buatan
Lingkunganhidup binaan/buatan mencakup lingkungan buatan manusia yang
dibangundengan bantuan atau masukan teknologi, baik teknologi sederhana maupunteknologi modern. Lingkungan hidup binaan/buatan bersifat kurang beraneka ragamkarena keberadaannya selalu diselaraskan dengan kebutuhan manusia.
Contohlingkungan Buatan
· Tamanadalah kebun yang ditanami dengan bunga-bunga. Selain untuk tempatberistirahat, taman juga dapat dimafaatkan sebagai paru-paru kota.
· JalanRaya adalah tempat lalu lintas kendaraan. Jalan dapat memperlancar hubunganantar daerah. Pemerintah juga membangun jalan tol sebagai salah satu upayauntuk mengurangi kemacetan.
· Gedung
Adalah bangunan rumah perkantoran atau tempat pembelajaran. Kota besar identikdengan gedung-gedung yang menjulang tinggi.
3. LingkunganHidup Sosial.
Lingkunganhidup sosial terbentuk karena adanya interaksi sosial dalam masyarakat.Lingkungan hidup sosial ini dapat membentuk lingkungan hidup binaan tertentuyang bercirikan perilaku manusia sebagai makhluk sosial. Hubungan antaraindividu dan masyarakat sangat erat dan saling mempengaruhi serta salingbergantung.
2.4Hubungan antara manusia, tempat dan lingkungan
Lingkungan hidup baik faktor biotik maupun abiotikberpengaruh dan dipengaruhi manusia. Segala yang ada pada lingkungan dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia karenalingkungan memiliki daya dukung. Daya dukung lingkungan adalah kemampuanlingkungan untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya dimuka bumi.
Dalam kondisi alami, lingkungan dengan segala keragamaninteraksi yang ada mampu menyeimbangkan keadaannya. Namun, tidak tertutupkemungkinan, kondisi demikian dapat berubah dengan adanya campur tangan manusiadengan segala aktivitas pemenuhan kebutuhan yang terkadang melampaui batas.
pada lingkungan tempat hidupnya sangatlah menarik, karenaterjadi suatu jalinan yang sangat unik. Karena keunikan jalinan yang terbentukmaka mengundang perhatian manusia untuk menelaah lebih jauh lagi tentanglingkungan hidupnya. Hal tersebut mendorong lahirnya suatu disiplin ilmu yangsecara khusus mengkaji mengenai seluk beluk antara hubungan makhluk hidupdengan lingkungannya yang disebut ekologi.
Hubungan manusia dengan lingkungan dapat berupahubungan positif, di mana di dalamnya terdapat hubungan timbal balik yangsaling menguntungkan, tetapi juga terdapat hubungan negatif sehingga alamlahyang dirugikan manusia,contohnya penebangan hutan secara liar, pembuanganlimbah disembarang tempat.

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa dipermukaan bumi ini terdapat hubungan timbal balik antara manusia denganlingkungan alam atau dengan lokasi tempat tinggalnya. Pandangan tersebut secaragaris besarnya adalah (a) kehidupan manusia dan kebudayaannya ditentukan olehalam; (b) kehidupan manusia dan kebudayaannya tidak ditentukan oleh alam,tetapi manusia mempunyai peranan aktif terhadap alam sehingga manusia dapatmemilih kebudayaannya, sedangkan alam hanya memberikan kemungkinan-kemungkinansaja.



0 komentar :

Posting Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *