Jumat, 20 April 2012

Leukosit (Sel Darah Putih)

Share
advertisment
Eritrosit dan Leukosi
 Leukosit (sel darah putih)

Terdapat enam leukosit dalam darah, yaitu neutrofil, eosinofil, basofil, monosit, limfosit, dan sel plasma. Sel darah putih yang memiliki granula-granula atau yang disebut granulosit adalah neutrofil, eosinofil, dan basofil. Sedangkan limfosit dan monosit disebut agranulosit (tidak bergranula).

Sebagian leukosit dibentk dalam sumsum tulang (granulosit, monosit, dan limfosit) dan sebagian lagi dalam jaringan limfa (limfosit dan sel plasma). Bahan-bahan yang diperlukan untuk memebuat leukosit adalah vitamin dan asam amino seperti halnya sel-sel lainnya.

Orang dewasa memiliki leukosit sekitar 4.800 – 10.800 leukosit per mililiter kubik darah, yang terdiri dari 62% neutrofil, 2,3% eusinofil, 0,4% basifil, 5,3% monosit, 30% limfosit. Masa hidup leukosit berbeda-beda granulosit (neutrofil, eosinofil, dan basofil) sekitar 12 jam, monosit sulit diketahui karena selalu mengembara dalam tubuh, tapi diduga beberapa minggu atau bulan, limfosit umumnya bertahan 100 -300 hari.
Leukosit
Secara umum manfaat leukosit adalah untuk membantu pertahannan tubuh terhadap infeksi yang masuk . leukosit bergerak ameboid dan bersifat fagositik (memangsa). 




Cari tau lebih banya tentang artikel yang lain.!!!!


Eritrosit (Sel Darah Merah)
Fagositik dalam leukosit
Pembulu darah















2 komentar :

Poskan Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *