Jumat, 09 Desember 2011

Daur Hidup Virus

Share
advertisment
Daur litik
Daur litik dimulai dengan penyuntikan kromosom virus ke sel inang kemudian gen-gen virus akan mengeluarkan enzim perusak material genetik inang. Kromosom virus akan mengambil alih kendali proses metabolisme di dalam sel. Prangkat yang ada di dalam sel inang akan di manfaatkan untuk memperbanyak material genetik dan mantel virus. Selanjutnya tersusun organisme utuh.
Pada tahap terakhit virus-virus yang sudah utuh merusak dinding sel inang dan berhamburan keluaratau proses lisis. Keluar untuk mencari inang baru. Virus yang melangsungkan daur litik disebut virus virulen karena mematikan sel inang dan mempunyai daya serang yang hebat.


Daur lisogenik

Virus yang melangsungkan daur lisogenik disebut virus temperat karena tidak mematikan sel inang. Dimulai dari penyuntikan kromosom virus ke sel inang, asam nukleat virus akan bersatu dengan matrial genetik inang. Akibanya saat terjadi proses replikasi pada sel inang, maka asam nukleat virus akan ikut tereplikasi. Akan terwariskan kegenerasi sel inang berikutnya.
Asam nukleat virus pada sel inang bersifat dorman (istirahat) dan disebut provirus, sedangkan sel inang yang terinfeksi provirus di sebut sel lisogenik. Cepat atau lambat akan berlangsung daur litik, hal ini akan terjadi
apabila terjadi kerusakan pada sel inang sehingga terjadi pemisahan antara sel inang dengan asam nukleat virus

0 komentar :

Posting Komentar

trimakasi sudah berkunjung.....

tolong tinggalkan komentar anda!!!

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *