Bahasa adalah
sistem lambang bunyi yang arbitrer, terjadi karena konvensi, dan dipergunakan
oleh anggota masyarakat untuk berkomunikasi, berinteraksi, serta
mengidentifikasi diri.
FILSAFAT BAHASA
•
Bahasa
merupakan identitas suatu bangsa.
•
Bahasa
merupakan alat komunikasi yang efektif
•
Bahasa
merupakan sarana untuk mengenal diri dan lingkungannya.
•
Bahasa
merupakan bagian dari kehidupan manusia.
Keberhasilan pengajaran
bahasa Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain: tujuan
pembelajaran, guru, materi ajar, metode, dan lingkungan.
Apabila
digolongkan maka keenam faktor tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tiga
variabel utama yang saling mendukung dalam strategi pembelajaran bahasa
Indonesia, yaitu kurikulum, guru, dan pengajaran atau proses belajar mengajar.
METODE
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
•
Metode
pembelajaran bahasa Indonesia adalah sistem perencanaan pembelajaran bahasa
Indonesia secara menyeluruh untuk memilih, mengorganisasikan, dan menyajikan
materi bahasa Indonesia secara teratur (KBBI, 2001)
•
Jenis
metode pembelajaran bahasa Indonesia terkait dengan empat kemampuan berbahasa,
yaitu membaca (metode abjad, cloze procedure), menulis (metode kupas-rangkai,
lihat-tulis), mendengarkan, dan berbicara.
Metode pengajaran bahasa mengatur hal-hal berikut:
•
Pemilihan
bahan mengajar
•
Urutan
pengajaran
•
Teknik
penyampaian
•
Teknik
evaluasi
TEKNIK
PENGAJARAN BAHASA INDONESIA
•
Teknik
pengajaran bahasa Indonesia mengacu pada implementasi perencanaan pembelajaran
bahasa Indonesia di depan kelas.
•
Teknik
pengajaran bahasa terkait dengan pengajaran empat kemampuan berbahasa.
•
Membaca
wacana (teks) adalah salah satu contoh
teknik pengajaran membaca.
2 komentar:
terimakasih banyak untuk berbagi informasi... semoga tuhan memberikan yang terbaik buat kita semua
Terima kasih telah berbagi, pasti bermanfaat.
Posting Komentar
trimakasi sudah berkunjung.....
tolong tinggalkan komentar anda!!!